Selamat Datang di Website SMA Negeri 1 Kota Bekasi

Peringatan Hari Isra Mi'raj 1443H

Jumat, 04 Maret 2022 - 06:00 BAGIKAN:
peringatan-hari-isra-miraj-1443h

 

Selasa, 1 Maret 2020 SMAN 1 Bekasi melaksanakan kegiatan untuk memperingati Isra Miraj, yang dipimpin langsung oleh Ibu Dr. Hj. Ekowati, S.Pd, M.Pd., dipandu juga oleh Ibu Lizwar Mughni Arasy, S.Pd.I. selaku host acara tersebut, Bapak/Ibu guru SMAN 1 Bekasi, pembicara sekaligus narasumber acara tersebut yaitu Bapak Ustad Syarifuddien Ahmad, S. Sos, M. Si., serta seluruh siswa SMAN 1 Bekasi yang turut meramaikan acara Isra Mi’Raj melalui zoom meeting

Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab, hari tersebut jatuh pada tanggal 28 Februari 2022. Banyak yang belum mengetahui persis apa itu Isra Miraj Nabi Muhammad SAW tersebut sehingga harus diperingati, bahkan di hari bersejarah ini, kita perbanyak amalan baik. 

Pada hari Isra Miraj tanggal 27 Rajab sejarah penting terjadi, Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha. Isra Miraj merupakan perjalanan malam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha. Tidak sendirian, perjalanan Rasulullah ini ditemani dengan Malaikat Jibril. Peristiwa ini dianggap sebagai salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW. 

Isra adalah perjalanan menembus ruang, sehingga Rasulullah bisa menempuh jarak dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina dalam waktu singkat. Di samping itu, Miraj adalah perjalanan menuju Sidratul Muntaha, tempat diterimanya perintah salat. Dalam perjalanan tersebut Rasulullah bertemu Nabi Adam di langit pertama, Nabi Isa dilangit kedua, Nabi Yusuf di langit ketiga, Nabi Idris di langit keempat, Nabi Harun di langit kelima dan Nabi Musa di langit keenam. Pada peristiwa penting itu, Rasulullah langsung menerima perintah dari Allah SWT yaitu salat lima waktu sehari semalam.

Pada acara tersebut banyak beberapa hal yang disampaikan oleh Ustad Syarifuddien di antaranya yaitu, “Jika kalian masih meninggalkan salat lima waktu, segera bertaubat sebelum terlambat. Perbanyaklah amalan-amalan seperti berzikir dan berdoa,” tutur Ustad Syarifuddien pada acara tersebut. 

Acara tersebut berlangsung selama 45 menit dan diikuti dengan khidmat oleh semua peserta yang hadir.  Semoga dari kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi untuk kita semua. Motivasi agar generasi mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk mendalami ilmu Islam. Inpirasi bagi seluruh umat islam umumnya dan khususnya bagi generasi muda untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah SAW.

Alvio Julianita, S.Pd.




 

Berita Terbaru