Selamat Datang di Website SMA Negeri 1 Kota Bekasi

MENILIK PROSES PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) DI SMA NEGERI 1

Selasa, 23 November 2021 - 14:59 BAGIKAN:
menilik-proses-penilaian-akhir-semester-pas-di-sma-negeri-1

Tidak terasa kegiatan belajar mengajar semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 sudah berakhir. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Bekasi minggu ini sedang melaksanakan Penilaian Akhir Semeter (PAS). PAS dimulai pada hari Senin, 22 November 2021 dan berakhir pada hari Jumat, 3 Desember 2021. Kegiatan PAS di awali dengan persiapan yang matang. Sebelum PAS dimulai, pada tanggal 18 November 2021, Kepala SMA Negeri 1 Bekasi Ibu Dr. Hj. Ekowati, S.Pd., M.Pd., beserta jajaran Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bekasi mengadakan pengarahan melalui Rapat Pengawas PAS yang dihadiri para guru. Dalam rapat ini dibahas mengenai tata tertib, ketentuan-ketentuan PAS, aturan prokes yang berlaku, dan hal-hal yang perlu diperhatikan selama proses kegiatan PAS Nanti.

.           Pada Kegiatan PAS kali ini, untuk mengantisipasi kerumunan, maka setiap kelas dipecah menjadi dua ruangan, Setiap ruang kelas hanya berisi 18 siswa dan PAS diadakan selama dua pekan. PAS pada pekan pertama dibagi menjadi dua sif. Sif pertama dimulai pukul 07.00-11.00 WIB dan sif kedua dimulai pukul 12.30-16.45 WIB. Kelas X dan kelas XI mendapat giliran jadwal PAS pada pekan pertama. Sif pertama diisi oleh Kelas X dan sif kedua diisi oleh Kelas XI. Sedangkan Kelas XII mendapat jadwal di pekan kedua. Pekan kedua hanya terdiri dari satu sif, dimulai pukul 07.00-11.00 WIB.

SMA Negeri 1 Bekasi menggunakan penilaian berbasis komputer dengan platform e-learning Computer Based Test (CBT) dalam melaksanakan setiap tes, termasuk PAS kali ini.  Platform e-learning Computer Based Test (CBT) menggunakan jaringan intranet sekolah. Selain itu, SMA Negeri 1 Bekasi juga memfasilitasi setiap siswa dengan tablet untuk mengakses CBT saat PAS.

PAS yang diadakan secara luring ini sangat memperhatikan prokes. Selain diwajibkan memakai masker, sebelum warga sekolah memasuki SMA Negeri 1 Bekasi, dilakukan pengecekan suhu dan diwajibkan mencuci tangan. Kemudian, panitia PAS dan pengawas juga memastikan tablet sudah dibersihkan dengan cairan pembersih sebelum digunakan oleh para siswa. Dengan demikian, diharapkan seluruh warga sekolah dapat mematuhi peraturan dan prokes yang berlaku selama kegiatan PAS berlangsung agar PAS dapat berjalan dengan baik dan para siswa mendapatkan hasil tes yang memuaskan.

(Nanik Setyowati, M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia)

Berita Terbaru