Selamat Datang di Website SMA Negeri 1 Kota Bekasi

Ada Informasi Terbaru dari Penerimaan Mahasiswa Baru PTN UI, Yuk, Kita Simak!

Jumat, 12 November 2021 - 05:04 BAGIKAN:
ada-informasi-terbaru-dari-penerimaan-mahasiswa-baru-ptn-ui-yuk-kita-simak

Pada hari Senin, Tanggal 1 November 2021 lalu, pukul 07.00 – 07.45 WIB, SMA Negeri 1 Kota Bekasi mengadakan kegiatan Penyampaian Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri secara daring. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Dr. Gunawan, S. T., M. T., beliau adalah Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia dan Ibu Dra. Eli Yuliati, M.Pd., sebagai pewaranya.

Pada kesempatan kali ini, Bapak Dr. Gunawan, S. T., M. T., menyampaikan bahwa pada tahun 2021 penerimaan mahasiswa baru di Universitas Indonesia telah selesai dilaksanakan. Tahun 2021 ini, diberlakukan dua skema penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia, yaitu skema yang dikelola LTMPT dan skema yang dikelola secara mandiri oleh masing-masing PTN. Skema pertama yang dikelola/diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Perbedaan SNMPTN dengan SBMPTN terletak pada kriteria penilaian. Pada SMPTN, seleksi dilakukan dengan melakukan penilaian pada raport Siswa/i dan juga prestasi-prestasi yang didapat siswa selama masa SMA, bisa berupa prestasi akademik, atau pun prestasi di luar akademik seperti, menjadi juara di ajang-ajang olahraga, kesenian, dll. Kemudian, pada SBMPTN seleksi diselenggarakan melalui sebuah tes yang disebut UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer). Bapak Dr. Gunawan, S. T., M. T., menekankan bahwa pada SNMPTN tahun 2021 ini terdapat dua aturan tambahan, yang pertama adalah bagi yang telah lulus SNMPTN, baik itu pilihan program studi pertama atau pun pada pilihan program studi kedua, maka peserta tidak dapat lagi mengikuti SBMPTN. Lalu, aturan yang kedua adalah untuk pemilihan program studi yang akan dipilih, dari dua pilihan, diwajibkan salah satunya memilih program studi dari PTN yang berdomisili sama dengan sekolah asal peserta seleksi.

Skema kedua adalah melalui seleksi yang dikelola secara mandiri oleh masing-masing PTN, dalam hal ini adalah Universitas Indonesia. Terdapat dua jenis seleksi, yang pertama adalah PPKB dan Talent Scouting (TS), yang kedua adalah SIMAK UI. PPKB dan TS adalah skema seleksi khusus yang diperuntukan bagi siswa/i yang berprestasi, baik dilihat dari nilai raport serta prestasi lainnya, baik dibidang akademik maupun non-akademik. SIMAK UI adalah skema seleksi yang diadakan melalui sebuah ujian, dikarenakan pada tahun 2021 ini masih dalam kondisi pandemi, maka ujian kali ini diselenggarakan secara daring. Meskipun begitu, pihak UI sangat memperhatikan ujian daring ini agar tidak timbul kecurangan dalam prosesnya.

Bapak Dr. Gunawan, S. T., M. T., juga menyampaikan jadwal dari proses seleksi penerimaan mahasiswa baru ini, sehingga diharapkan para siswa dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat lulus seleksi dan diterima di PTN impiannya, khususnya Universitas Indonesia.

(Nunik Setyowati, M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia)

Berita Terbaru