Selamat Datang di Website SMA Negeri 1 Kota Bekasi

Penyuluhan Kesehatan SMAN 1 Bekasi

Senin, 11 Oktober 2021 - 09:56 BAGIKAN:
penyuluhan-kesehatan-sman-1-bekasi

 

BEKASI - SMAN 1 BEKASI - Bullying atau yang juga biasa dikenal dengan istilah perundungan adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau kelompok orang, baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. Sebuah tindakan dapat dikategorikan sebagai bullying atau perundungan (diusia anak sekolah) apabila perilaku agresif yang mencakup ketidakseimbangan kekuatan anak yang melakukan tindakan bullying atau perundungan yang berupa fisik, memberikan informasi hal yang memalukan korbannya, seseorang yang memiliki popularitas yang mampu mengendalikan seseorang dengan berbuat tidak menyenangkan kepada orang lain atau orang yang menjadi korbannya.

 

Beberapa bullying atau perundungan di lingkungan pergaulan anak, yaitu : 

  1. Bullying atau perundungan fisik, contohnya: tindakan mengintimidasi seseorang dengan memukul, mendorong, menampar atau serangan fisik lainnya.

  2. Bullying atau perundungan verbal, contohnya : tindakan dengan menggunakan kata-kata yang menghina, meremehkan, dan merendahkan seseorang yang mengakibatkan seseorang itu terluka yang mendalam.

 

Cara untuk mengatasi bullying atau perundungan adalah :

  1. Menginformasikan apa itu bullying atau perundungan.

  2. Tidak berlaku kasar baik secara fisik maupun verbal.

  3. Kita tidak boleh diam segera melaporkan bila menjadi korban maupun melihat korban bullying atau perundungan.

  4. Dukung korban bullying atau perundungan agar dapat memulihkan rasa percaya dirinya kembali dan mendampinginya agar tetap berpikir positif.

 

Dating Online adalah menjalin hubungan dengan memberikan identitas atau informasi diri kepada seseorang secara online. Dating online ini dilakukan oleh pelajar karena dipicu oleh beberapa hal, di antaranya rasa kesepian yang muncul dalam diri dan kurang mendapat perhatian atau atensi dari sekelilingnya. Maka dari itu, mereka mencari sosok yang bisa “menemani” dirinya dan membuat mereka nyaman, yaitu dengan melakukan dating online. Namun pada kenyataannya, layanan dating online ini memiliki dampak negatif, antara lain sebagai medium untuk melancarkan tipu daya, termasuk penipuan terkait karakteristik pribadi serta ketidakjujuran menyoal status hubungan, Tidak sedikit pula, timbulnya kasus pelecehan/kekerasan seksual dari dating online ini.

 

Informasi di atas disampaikan oleh Dra. Ratu Ade Wazna Sofwat, Psi, M.Psi. seorang Psikolog dari RS. Hermina Bekasi yang mengisi acara pada kegiatan secara daring di jam 0 (sebelum KBM dimulai), yaitu pada pukul 07.00 - 07.45 WIB pada hari Senin, 11 Oktober 2021 yang diikuti seluruh siswa kelas X dan XII serta diikuti pula oleh seluruh guru SMA Negeri 1 Bekasi sekaligus untuk memperingati hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan kita dan untuk menghindari terjadinya tindakan bullying atau perundukan dan dating online.

 

(Peny Minggah Aryani, M.Pd - Guru BK)




Berita Terbaru